Mengenal Lebih Dekat Muhtadin Tyas

muhtadintyaslink.com Muhtadin Tyas, lahir di Bogor, 02 Februari 1976 adalah lulusan terbaik Program Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan alumni International Academic Recharging to Japan. Aktivitas keseharian sejak tahun 2000 adalah tenaga pendidik di Perguruan Muhammadiyah Kota Depok. Pengabdian mulai menjadi guru bidang studi dan guru kelas di SD Muhammadiyah Meruyung Kota Depok. Pada tahun 2014-2019 diamanahkan menjadi Kepala SD Muhammadiyah Meruyung Kota Depok. Saat menjadi Kepala SD Muhammadiyah Meruyung Kota Depok meraih prestasi dan berkarya adalah keinginan yang tinggi, sehingga banyak prestasi yang diraih baik tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2016 menjadi tuan rumah dan ketua panitia pelaksana penyelenggara International Workshop: Training for Creating Robotics and Preparing World Championship yang diikuti peserta dari beberapa negara Asia Tenggara. Pada tahun 2017 dan tahun 2018 meraih penghargaan Kepala Sekolah berprestasi tingkat Kecamatan Limo Kota Depok. Selain itu pada tahun 2007-2012 pernah menjadi Kepala Cabang Depok Bimbel Bahasa Inggris British International Jakarta (BIJ).

Mengabdi di perguruan tinggi dimulai pada tahun 2019, mulai menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan anggota Divisi Litbang dan Pengajaran AIK UMJ 2019-2022 serta koordinator Kajian Literasi Islam LPP-AIK UMJ serta menjadi staf Wakil Rektor IV UMJ. Pada tahun 2022 bergabung menjadi dosen di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas PTIQ Jakarta sampai saat ini, dan mengajar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). Pada tahun 2022 juga mulai mengajar menjadi dosen di Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru Universitas Djuanda sebagai dosen PKWT. Pada awal bulan Januari 2024 sebagai dosen tetap dan tidak lama kemudian diamanahkan sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda pada tanggal 3 Mei 2024, kemudian dilantik pada tanggal 29 Juni 2024 oleh Rektor Universitas Djuanda.

Selain itu, beliau juga menjadi motivator pendidikan, penulis dan nara sumber nasional untuk berbagi dalam memajukan pendidikan membangun peradaban. Berkat pengalamannya dalam berkarya membangun peradaban bangsa ini semangat berkemajuan adalah selalu melekat dalam dirinya.

Dalam organisasi telah banyak pengalaman yang didapat dan menjadikannya matang dalam mengembangkan diri. Saat ini diamanahkan sebagai sekretaris PD Muhammadiyah Kota Depok, Anggota Majelis Dikdasmen & PNF PW Muhammadiyah Jawa Barat, Ketua Forum Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, Sekretaris Ikatan Cendekiawan Betawi, Ketua Dewan Pembina Yayasan Gerakan Cerdas Komunikasi Indonesia (GCKI) dan Pendiri Daisen for Education.

Berbekal pengalaman diluar negeri diantaranya sebagai alumni International Academic Recharging to Japan (IAR), alumni peserta International Confrence on Engineering and Culture Between Indonesia and Japan (2017_ISEC in Tottori Japan), peserta Study Exchange Malaysia-Singapura 2018, peserta International Confrence Management of Islamic Education (ICMIE) to Thailand 2019. Sehingga pengalaman itu dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi untuk tetap berkarya dalam memajukan peradaban bangsa. Semangat membaca adalah sebuah ihtiyar untuk menjadi kebiasaan (habit) yang mesti selalu dilekatkan, sehingga akan menghasilkan banyak karya dalam literasi.

Kebahagian yang banyak dirasakan adalah selalu berada dilingkungan para penggiat penulis, sehingga telah menghasilkan karya-karya buku dan jurnal, baik nasional maupun internasional. Buku yang sudah diterbitkan diantaranya: Bergerak untuk Perubahan (2016), Daisen Berguru di Negeri Sakura (2018), Langkah Berani Mewujudkan Perubahan (2019), Ramadhan in Harmony: Menyanding Setumpuk Pahala (Antologi) 2019, Karakter Pendidik Muhammadiyah: Meneguhkan Idealisme dan Pembentukannya (Editor) 2019, Kepemimpinan Berkemajuan untuk Mewujudkan Sekolah Berprestasi (Jurnal Tahdzibi), 2019, 57 Kado Kado Cinta untuk Sensei IRo-Gumi (Antologi) 2020, Studi Al-Qur’an & Sunnah Tematik (bunga Rampai) 2020, Rendah Hati dalam Kemenangan, dan Bangkit dalam Kelelahan (Antologi), 2021, Menyerap dari Orang-Orang Cemerlang (Kontributor) 2021, Penelitian Tindakan Sekolah (PTS): Penerapan Kepemimpinan Berkemajuan untuk Mewujudkan Sekolah Berprestasi di SD Muhammadiyah Meruyung 2018, Jurnal Tahzibi: Manajemen Pendidikan Islam Vol. 4, No. 2 (2019), Kepemipinan Berkemajuan untuk Mewujudkan Sekolah Berprestasi. The National and International Confrence on Islamic Education and Education, (Proceedings Yala RajaBath University, Thailand, 2019), Jurnal Internasional Technium Social Sciences Journal, Vol. 27, 2022, Concept of Education Management: Positioning-Differentiation-Brand (PDB) for the Advancement of Islamic Education (Study at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang), dan karya tulis artikel lainnya diberbagai media sosial terutama di IRo-Society.

10 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat Muhtadin Tyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *