Gunung Daisen dan Keindahannya

Muhtadin Tyas

muhtadintyaslink.com Gunung Daisen adalah sebuah taman nasional ketiga di Jepang dan gunung ini adalah gunung tertinggi di wilayah Chugoku Tottori. Gunung ini sangat terjaga kebersihan dan keindahannya, tidak ada kotoran atau sampah yang berserakan. Ternyata tidak hanya di perkotaan kebersihan itu ada, di pegununganpun semua bersih dan selalu menjaga kedisiplinan. Ini adalah menjadi bagian ciri-ciri negara yang maju seperti Jepang.

Sangat sulit untuk dilupakan saat berada di Jepang pada bulan April 2017. Prof. Imam Robandi guru besar ITS itu membimbing langsung saat berada di negara matahari terbit ini. Jepang negara yang maju secara ekonomi, pendidikan dan teknologi. Tidak hanya itu, bahkan sangat menakjubkan keindahan alamnya. Bagi saya, gunung Daisen menjadi salah satu tempat yang sangat menarik dan penuh dengan nilai edukasi disebuah negara yang maju ini.

Prof. Satoru Kishida salah seorang pimpinan di Tottori University saat itu menjemput saya dan peserta International Academic Recharging (IAR) to Japan 2017 di Hotel Toyoko Inn untuk mengikuti “trip to mount Daisen”. Dalam perjalanan, Prof. Satoru Kishida selalu memandu kami dengan memperkenalkan daerah-daerah atau tempat yang dilewatinya. Terlihat suasana pantai, lahan pertanian, dan kincir angin (pembangkit listrik tenaga angin), serta terowongan yang bisa terlihat dari dalam bus. Melewati hutan yang asri dan bersih sepanjang perjalanan, melihat gumpalan salju yang masih melekat di pangkal pohon dan menutupi rumput. Sungai-sungai yang sangat bersih, sawah dan pertanian yang subur dapat dilihat didalam bus perjalanan menuju gunung Daisen.

Gunung Daisen ini mempunyai ketinggian sekitar 1700 kaki . Sebuah ketinggian yang menjadi harapan besar bagi pejuang pendidikan dari Indonesia setelah mendaki gunung Daisen ini, untuk terus belajar dan berkarya demi kemajuan sebuah bangsa. Setelah pulang dari Jepang semakin meyakini bahwa dengan kesungguhan dan kerja keras segala cita-cita akan dapat terwujud, dengan langkah berani dapat mewujudkan perubahan.

Depok, 3 Nopember 2023

14 thoughts on “Gunung Daisen dan Keindahannya

  1. Kenangan itu selalu indah Ustadz Muhtadin. Ada keinginan kapan diulamh lagi menaik ke Gunung Daisen.
    Terima kasih Ustadz diajak melancong ke Jepang.

  2. Kenangan yang selalu indah dan tidak terlupakan ya Pak Dr. Muhtadin Tyas. Semoga saya suatu saat nanti dapat berwisata ke Negeri Sakura dan menikmati keindahan Gunung Daisen. Takjub luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *