Pendidikan di Johoku Elementary School

Dr. Muhtadin Tyas

Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Pascasarjana Universitas Djuanda

muhtadintyaslink.com- Saat itu setelah saya berkunjung menyerap akademik di Koryo High School, bersama para “samurai” pendidikan Indonesia langsung menuju Johoku Elementary School, Tottori. Halaman sekolah ini dipenuhi dengan bunga-bunga indah, diantaranya bunga tulip yang bermekaran. Diruang lobby ada kalimat yang dituliskan dispanduk “Welcome to Johoku Elementary School” dan pemandangan rak sepatu dan payung tertata dengan rapi.

Seiichi Hasegawa adalah kepala sekolah ini mempersilahkan masuk dengan semangat kehangatan menyambut kedatangan kami para pejuang pendidikan. Seremoni acara dimulai dengan saling mengenalkan diri dan dimulai dari Seiichi Hasegawa kepala sekolah Johoku Elementary School. Bahasa Jepang adalah bahasa yang saya gunakan saat memperkenalkan diri, walaupun terbata-bata saya menyampaikannya.

Beberapa hari lalu saya berkunjung untuk memenuhi undangan dari kepala sekolah hebat di Kota Depok. Sejak dua bulan sebelumnya mengundang saya untuk merecharging guru-guru dan komite dalam pengembangan literasi. Saat saya tiba dan memasuki halaman sekolah ini, terasa sekali keindahan halaman dengan pesona warna-warni. Halaman bersih dan tertata rapi menandakan sekolah ini dipimpin oleh kepala sekolah visioner dalam memajukan peradaban. Ini adalah sekolah yang berada di lokasi bersebelahan dengan Jakarta Selatan. Ini adalah SDN Pangkalan Jati 1 yang memiliki semangat tinggi memajukan pendidikan Indonesia.

SDN Pangkalan Jati 1, mengingatkan saya berada di Johoku Elementary School, Tottori Japan. Ini adalah menjadi salah satu perjalanan atau recharging academic dalam membangun peradaban mewujudkan perubahan. Sekolah di Jepang beranggapan bahwa semua siswa adalah cerdas dan mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Guru ditugaskan mengarahkan dan membimbing dengan sepenuh hati agar mampu mengantar siswa kearah masa depan cemerlang dan gemilang.

2 thoughts on “Pendidikan di Johoku Elementary School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *