■ Muhtadin Tyas

____

Berikut catatan kecil dari Prof. Masyitoh setelah membaca tulisan saya yang berjudul Tanam Padi dan Sayuran di Sawah: Refleksi Mengenang Membeli Sepatu Merk Kyoto:

“Seorang anak, yang ditempa dengan keprihatinan dan kerja keras, serta bimbingan orang tua yang tentu menyayanginya, akan menjadi orang yang berhasil, di kemudian harinya, karena baginya, kerja keras, merupakan teman hidupnya, termasuk dalam menyelesaikan pendidikannya.

Teori Prof. Lodge, rupanya tepat sekali, sebagamana yang dialami Dr. Muhtadin Tyas…Life is education, and education is life. Lodge mengisyaratkan, bahwa, antara pendidikan dan kehidupan, tidak bisa dipisahkan. Kedua pengertian (pendidikan dan kehidupan), telah menyatu dalam sebuah kerangka filosofis, bahwa :

Proses dalam pendidikan, tidak lain adalah, proses bagi manusia, untuk mengarungi samudera kehidupan.

Demikian sebaliknya, makna filosofis pendidikan adalah, proses bagaimana manusia mengenali diri dengan segenap potensi yg dimilikinya.

Ketika mendefinisikan hakikat pendidikan, sebagai proses mengenali potensi diri, serta memahami realitas yg dihadapi, maka secara tidak langsung, pendidikan hendak dikonstruksi sebagai model; pendidikan terhadap masalah (Problem posing Education).”

Depok, 11 Agustus 2023

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?